Pendidikan Pancasila – Kelas 7F
Materi Ajar “Penerapan Nilai – nilai
Pancasila”
Kegiatan yang memadukan pembelajaran dan permainan yang menyenangkan serta interaktif. Siswa dibagi menjadi lima kelompok, masing-masing terdiri dari 5-6 anggota. Setiap kelompok diminta untuk membawa alat dan bahan, yaitu gunting, perekat, spidol warna dan satu lembar kertas A3.
- Penggelindingan Botol:
Setiap kelompok secara bergiliran menggelindingkan botol di atas kertas
yang ditempelkan di lantai. Kertas tersebut berisi instruksi atau
"password" yang harus dilaksanakan oleh kelompok.
Contoh password:
a. Bacakan
sila 5 pancasila
b. Bacakan
sila 2 pancasila
c. Bacakan
sila 4 pancasila
d. Bacakan
semboyan negara
e. Nyanyikan
lagu Indonesia raya
f.
Nyanyikan satu lagu wajib nasional
g. Sebutkan
tanggal / hari lahir pancasila
h. Sebutkan nama presiden pertama Indonesia
i.
Sebutkan
nama presiden kedelapan Indonesia
j.
Sebutkan
nama wakil presiden kedelapan Indonesia
- Pelaksanaan Instruksi:
Setelah botol berhenti, kelompok wajib melaksanakan instruksi yang muncul.
Jika instruksi dilakukan dengan tepat, kelompok tersebut berhak memilih
gulungan kertas yang telah disediakan dalam gelas.
- Gulungan Kertas:
Gulungan kertas berisi dua jenis gambar:
- Gambar Penerapan Sila Pancasila:
Jika kelompok mendapatkan gambar ini, mereka akan menempelkannya di
kertas gambar A3.
- Gambar Zonk:
Jika kelompok mendapatkan gambar zonk, mereka akan menerima hukuman untuk
memakai bedak bayi di wajah.
Manfaat
Kegiatan: Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan semangat
belajar siswa, tetapi juga mendorong kerja sama dalam kelompok. Selain itu,
siswa dapat menyerap materi dengan cepat melalui cara yang menyenangkan.
Pembelajaran berbasis permainan ini menjadi alat efektif untuk meningkatkan
keterlibatan dan interaksi sosial antar siswa, sehingga mereka lebih antusias
dalam memahami materi yang diajarkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar